Thailand dorong ASEAN promosikan keberlanjutan

Jakarta (ANTARA News) – Thailand mendorong Perhimpunan Bangsa-Bangsa di Asia Tenggara (ASEAN) dan mitra-mitranya untuk mempromosikan keberlanjutan dalam segala dimensi.

“Seperti Keamanan Berkelanjutan, Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan, Keamanan dan Kemanusiaan yang Berkelanjutan,” kata Duta Besar Thailand untuk Indonesia Songphol Sukchan dalam perayaan Hari Nasional Kerajaan Thailand di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pada tahun depan Thailand akan menjadi ketua ASEAN dengan mengusung tema “Memajukan Kemitraan untuk Berkelanjutan”.

“Prioritas kita tidak hanya terbatas pada hal tersebut, tetapi juga mencakup mempromosikan perikanan berkelanjutan melalui ASEAN Illegal Fisheries Task Force dan ASEAN Fisheries Policy,” kata Dubes Songphol.

Baca juga: Thailand resmi lanjutkan keketuaan ASEAN 2019

Pihaknya juga akan meluncurkan “ASEAN Center on Sustainable Development Studies” dan dialog “ASEAN Center for Active Ageing and Innovation” di Thailand.

Thailand akan bekerja sama secara dekat dengan Indonesia dan semua anggota ASEAN untuk membantu ASEAN menjadi komunitas yang berpusat pada warganya dan tidak meninggalkan siapa pun.

“Dan memastikan bahwa kawasan ini akan dapat mengatasi tantangan dan memanfaatkan kesempatan yang akan membuat masyarakat kita menikmati perdamaian dan kemakmuran berkelanjutan,” kata Dubes Songphol menambahkan.

Pewarta:
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018